memandikan bayi

Hadhec.com

Perlengkapan bayi dan Anak

Cara aman dan nyaman memandikan bayi

Memandikan bayi merupakan kegiatan membersihkan tubuh bayi dengan cara menyiram ataupun merendam diri dalam air karena yayi merupakan makluk yang sangat peka dan halus  maka memandikan bayi harus dilakukan dengan tata cara yang benar.

Setelah kelahiran bayi setidaknya memandikan ditunda sedikitnya dalam 6 jam setelah kelahirani. Karena memandikan bayi dalam beberapa jam pertama kelaihiran dapat mengakibatkan bayi kedinginan atau  akan mengakibatkan kondisi hipotermi yang sangat membahayakan keselamatan bayi.

Di perawatan bayi pada rumah sakit, biasanya tubuh bayi dibersihkan setiap hari.  Bayi dimandikan dan dibersihkan dengn menggunakan bak mandi bayi, dan tidak  menggunakan spons atau handuk kecil basah untuk membersihkan bayi.

cara memandikan bayiIbu sang bayi dianjurkan untuk bisa melakukannya sendiri, karena memandikan bayi juga merupakan ungkapan kasih sayang ibu kepada sang bayi. Untuk itu ibu sang bayi di beri keterampilan memandikan bayi agar mendapatkan kepercayaan diri untuk bisa memandikan bayi sendiri, setelah pulang dari rumah sakit.

Bagi orang tua yang tidak terbiasa dalam memandikan bayinya, memandikan bayi  mungkin dilakukan dengan lambat karena hati-hati, sehingga selum kegiatan memandikan bayi dilakukan, ibu perlu menyiapkan segala perlengkapan memandikan bayi terlebih dahulu. agar bayi tidak sampai menggigil kedinginan

Memandikan bayi  cukup satu kali sehari untuk  minggu pertama setelah kelahiran   dipagi hari, sore hari cukup dibersihkan dari kulit yang basah atau keringat.  Jangan memandikan bayi setelah menyusu, sedang lapar atau mengantuk untuk menghindarkan bayi muntah, kedinginan, atau terkejut dengan perubahan suhu.

Setelah melahirkan terdapat ‘verniks’ atau suatu zat yang menyerupai lilin yang menutupi bayi, zat ini harus dibiarkan terserap ke dalam kulit karena ini merupakan pelembab yang luar alami yang sangat bagus untuk bayi. Memandikan bayi juga mrupakan usaha bayi untuk dapat menyesuaikan diri dengan dunia luar.

Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam memandikan bayi;

1. Persiapkan perlengkapan mandi bayi

Cuci tangan dengan sabun dan air bersih dan mempersiapkan perlengkapan mandi diantaranya;

2. Mempersiapkan tempat dan peralatan

 

cara memandikan bayi tahap 1

 

  • Tempat mandi bayi harus ditempat yang aman dan nyaman, serta tempat  yang memudahkan anda bergerak leluasa dan tidak perlu membungkuk.
  •  Atur suhu ruangan sedikit hangat, jika mungkin 20oC – 25oC jika tidak ada pengatur suhu ruangan, hangatkan ruangan dengan menempatkan air panas dan membiarkan uapnya memenuhi ruangan tersebut.
  • Jika tali pusat atau bekas sunat masih belum sembuh, bayi tidak boleh mandi berendam. Mandikan bayi dengan menggunakan lap atau handuk basah.
  • Lapisi tempat mandi bayi dengan alas tahan air atau perlak.

 3. Memandikan bayi

cara memandikan bayi tahap 2

  • Lepaskan baju bayi secara bertahap.
  • Mulailah membasuh tubuh bayi dari bagian terbersih hingga yang terkotor.
  • Sabuni tubuh bayi dengan tangan dan lap pembasuh. Gunakan lap bersih untuk membersihkannya.
  •  Membersihkan kepala bayi. Gunakan sabun dan sampo bayi, lalu basuh dengan bersih. Peganglah kepala bayi seperti memegang bola dan tinggikan sedikit. Sebelum membersihkan bagian lain, keringkan kepala bayi dengan handuk.
  • Membersihkan wajah. Basahi kapas dengan air hangat untuk membersihkan mata. Gunakan kapas berbeda untuk setiap mata. Jangan menggunakan sabun untuk membersihkan wajah. Lap perlahan dari hidung kearah luar. Pada bagian telinga, yang boleh dibersihkan hanya bagian luar. Keringkan semua bagian wajah.
  • Leher dan dada. Tidak diperlukan sabun kecuali jika sangat kotor. Bersihkan bagian lipatan lalu keringkan.
  • Membersihkan lengan. Rentangkan lengan agar lipatan bisa dibersihkan. Tekan telapak tangan bayi agar kepalannya terbuka. Bagian ini membutuhkan sedikit sabun, dan pastikan tangan yang sudah disabuni dibersihkan dan dikeringkan karena bayi suka memasukan tangannya ke mulut.
  • Bagian punggung. Balikkan tubuh bayi dengan kepala yamg dimiringkan, lalu basuh punggungnya.
  • Tungkai. bayi sering menolak merentangkan kakinya, namun penting untuk membersihkan bagian belakang lutut.

 4. Setelah  bayi dimandikan

cara memandikan bayi tahap 3

  • Angkat tubuh bayi yang sudah bersih dengan menggunakan kedua tangan hati-hatilah karena tubuh bayi licin.
  • Selimuti bayi dengan handuk. Kemudian keringkan bayi dengan cepat secara perlahan-lahan,dan perhatikan daerah lipatan kulit. Keringkan dengan handuk sampai ke sela- sela badan, Keringkan kepala bayi diatas meja dengan gerakan memutar. Gosok kepala dengan baby oil bila ada kotorannya, beri minyak telon, baby oil dan talk
  • Bila tali pusat belum lepas, lakukan perawatan tali pusat
  • Bersihkan telinga dan hidung dengan kapas pembersih, rambut disisir
  • Bila kuku panjang, potong kuku
  • Bungkus bayi dengan selimut
  •  Bereskan tempat tidur dan alat
  • Cuci tangan

Beberapa hal yang penting diperhatikan ketika memandikan bayi yang sering terlupakan adalah

  1. memandikan bayi keamanan dan keselamatan bayi perlu diperhatikan.  
  2. Pada saat memasukkan air kebaskom mandi, awali dengan air dingin agar bagian bawah bak tidak terlalu panas. Hal ini juga mengurangi resiko luka bakar pada anak lainnya yang ingin bermain dengan air pada saat bak tersebut diisi.
  3. Bayi tidak boleh dibiarkan tanpa pengawasan dan harus selalu dipegang dengan baik agar kepala selalu berada diatas permukaan air.
  4. Pada saat akan menempatkan bayi di dalam bak mandi bayi , sanggah kepala dan leher bayi dengan lengan bawah dan pergelangan tangan nondominan, kemudin lingkarkan ibu jari dan telunjuk di bagian atas lengan bayi. Tangan yang dominan memegang pergelang kaki untuk mengangkat bayi pada saat masuk dan keluar bak.
  5. Dudukkan bayi dengan tegak untuk membasuh punggung, topang kepala bayi dengan pergelangan tangan atau lengan bawah dari tangan dominan, kemudian kembalikan keposisi semula dengan hati-hati
Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 hadhec.com
hadhec.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap